rss

Minggu, 12 April 2009

Hati - Hati


Persebaran makanan berlebel halal tapi berbahan dasar babi saat ini cukup memprihatinkan. Pemerintah pun mengambil langkah sigap dengan menggelar kerja sama lintas sektoral antara Departemen Agama, Departemen Pertanian, Badan Pengawas Obat dan Makanan dan YLKI. Hasilnya, pemerintah akan mengambil tindakan tegas bagi produsen makanan yang terbukti melakukan pelanggaran tersebut.

Koordinasi lintas - instansi ini adalah untuk mengambil tindakan tegas terhadap produsen yang sengaja melakukan penipuan terhadap produk abon dan dendeng yang yang mengandung babi. Langkah lain yang akan segera di ambil adalah melakukan pendekatan hukum dan melakukan penarikkan produk dari pasaran. Prof. Nasaruddin Umar menerangkan bahwa telah terbukti sejumlah produk abon dan dendeng yang mencantumkan lebel halal ternyata mengandung babi.

Sementara itu Direktur Inspeksi dan Sertifikasi Pangan Badan Pengawas Obat dab Makanan (BP POM) Tien Gartini Budhianto mengatakan, pemerintah akan melakukan uji produk seluruh produk abon dan dendeng yang beredar di indonesia.

Tien menjelaskan bahwa untuk menguji suatu produk olahan daging apakah mengandung babi atau tidak di butuhkan uji laboratorium. Kalau masih berupa daging, lanjutnya, masih mudah di bedakan. Tapi, kalau bahan itu sudah berupa produk makanan sangat sulit untuk membedakan dan harus di uji DNA melalui tes laboratorium. Menurut Tien, prinsipnya semua pihak yang terkait bertugas untuk menjamin produk itu aman.
( S N )


2 komentar:

gubuk cah bodoh cla_x on 13 April 2009 00.44 mengatakan...

babi atau gak itu sih gak haram asal kita gak tahu kalau itu daging babi. tapi kalau kalau tahu jangan pura2 gak tahu,wkwkwk. enak gak ya daging babi itu? lihat mukanya babi aja udah jijikkkkk,.

diaktifin tuh Nama/url nya jadi bisa aku pasang alamatku.

jadi aku8 taruh bawah aja heeee
disinibelajar.com

Ghustie Samosir on 13 April 2009 12.59 mengatakan...

banyak juga makanan yang bermelamin
itu juga bahaya tuh :-/

Regards,
Ghustie Samosir
www.hanyainfo.blogspot.com


Posting Komentar

 

statistik blog

Halaman ini sudah di akses sebanyak
Powered by  MyPagerank.Net

Apa Kata Mereka


ShoutMix chat widget

Pengikut