rss

Rabu, 08 April 2009

Pemilu Terancam Susulan di 4 Kabupaten Papua


245 TPS di 4 kabupaten di Papua terancam melakukan pemilu susulan. Kondisi cuaca yang menyebabkan sulitnya mengangkut logistik pemilu membuat banyak TPS belum menerima logistik.

“Ada beberapa TPS yang mungkin melakukan pemilu susulan,” ujar anggota KPUD Papua Sangaji saat dihubungi wartawan, Rabu (8/4/2009).

Menurut Sangaji, terdapat 245 TPS dari total 6.748 TPS di 4 kabupaten yang belum menerima surat suara hingga saat ini. Kempatnya adalah Yahukimo, Pegunungan Bintang, Yalimo, dan Paniai.

Kondisi cuaca yang berkabut menyebabkan pesawat pengangkut logistic kesulitan mendatangi TPS-TPS yang terletak di pegunungan tersebut. Karena kertas suara belum tersedia, mau tak mau pemilu di tempat-tempat tersebut ditunda hingga surat suara tiba di lokasi.

Dalam pasal 228 ayat (1) UU Nomor 10 tahun 2008 tentang Pemilu dikatakan, dalam hal di sebagian atau seluruh daerah pemilihan terjadi kerusuhan, gangguan keamanan, bencana alam atau gangguan lainnya yang mengakibatkan sebagian tahapan penyelenggaraan Pemilu tidak dapat dilaksanakan, dilakukan Pemilu lanjutan.

Sedangkan pada pasal 229 ayat (1) dikatakan, dalam hal di suatu daerah pemilihan terjadi kerusuhan, gangguan keamanan, bencana alam atau gangguan lainnya yang mengakibatkan seluruh tahapan penyelenggaraan Pemilu tidak dapat dilaksanakan, dilakukan Pemilu susulan.



0 komentar:


Posting Komentar

 

statistik blog

Halaman ini sudah di akses sebanyak
Powered by  MyPagerank.Net

Apa Kata Mereka


ShoutMix chat widget

Pengikut